- Advertisement -spot_img
HomeNasionalSolar Chapter Indonesia Sediakan Akses Air Bersih di Desa Mbuit NTT

Solar Chapter Indonesia Sediakan Akses Air Bersih di Desa Mbuit NTT

- Advertisement -spot_img


AIR bersih masih menjadi kendala di beberapa  daerah di Indonesia. Salah satunya  adalah yang dialami oleh masyarakat di Desa Mbuit, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Masyarakat di desa tersebut terpaksa harus melintasi rute perjalanan yang berbahaya yaitu bukit terjal dan berbatu dengan jarak perjalanan 4 kilometer setiap harinya hanya untuk mencapai sumber air bersih. Ini merupakan sebuah fakta yang menyatakan bahwa di era modern ini, meski air bersih menjadi kebutuhan dasar, tidak semua orang beruntung untuk memiliki akses air bersih yang mudah.

Dalam upaya untuk turut serta mengubah kehidupan warga Desa Mbuit, Yayasan Solar Chapter Indonesia bergerak dalam merealisasikan pilar pertama dari empat pilar Solar Chapter, yaitu penyediaan akses air bersih. Gerakan ini telah dilakukan sejak 2017 dan telah berhasil menghadirkan air bersih di lima desa, yaitu Desa Weimangoma, Sodana, Wekeke, Nanin, dan juga Kareka Nduku.

Pada tahun ini, misi Solar Chapter tidak hanya berfokus pada Desa Mbuit, namun juga diimplementasikan di empat desa lainnya, yaitu Desa Bisesmus, Boen, Tafuli, dan Golo Ketak.

Proyek yang diberi nama “Water for Mbuit” tersebut digerakkan oleh gabungan mahasiswa Indonesia dari universitas di Amerika Serikat dan Indonesia, yaitu University of California Los Angeles dan Institut Teknologi Bandung.

Tim Solar Chapter berasal dari multidisiplin yang berbeda-beda dari ahli teknik, desain, bisnis, hingga komunikasi, bekerja bahu-membahu untuk membantu warga Desa Mbuit.

Melinda Pudjo, Head of Corporate Communications & Sustainability PT ACE Hardware Indonesia Tbk berbagi semangat serupa. “Konsistensi ACE dalam mewujudkan akses air bersih bagi masyarakat di NTT merupakan wujud nyata dukungan ACE dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat untuk berkontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Melinda.

Selain itu, Aily Chandra, selaku Direktur PT Vision Ease Asia yang juga merupakan bagian dari Hoya Corporation, mengungkapkan kebanggaannya terhadap proyek ini.

“Kegiatan ini adalah bentuk komitmen kami untuk menciptakan kehidupan yang lebih layak untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Aily.

Proyek penyediaan air bersih ini merupakan kunci utama menuju Indonesia Merdeka Air. Di tahun ini, Vision Ease dan ACE Hardware kembali memberikan dukungannya untuk mewujudkan misi kemanusiaan di Mbuit menyusul kontribusi mereka pada proyek “Water for Karekanduku” di tahun sebelumnya. Inisiatif ini bukan hanya mengenai pembangunan infrastruktur, tetapi juga tentang membangun masa depan yang cerah bagi mereka, penerus Bangsa Indonesia. (RO/E-1)





Source link

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here