- Advertisement -spot_img
HomeMalioboro Coffee Night Siap Akrabkan Masyarakat Dan Pegiat Industri Kopi

Malioboro Coffee Night Siap Akrabkan Masyarakat Dan Pegiat Industri Kopi

- Advertisement -spot_img



RM.id  Rakyat Merdeka – Setelah menorehkan sukses dengan keberhasilannya menyelenggarakan festival kopi tahun lalu, Komunitas Kopi Nusantara (KKN) bersiap-siap menyelenggarakan Malioboro Coffee Night, 1-6 Oktober 2023. Ketua Komunitas Kopi Nusantara Imam Birowo menjelaskan kepada wartawan dan media tentang penyelenggaraan Malioboro Coffee Night.

Menurutnya, Malioboro Coffee Night tidak saja mengenalkan produk kopi, namun juga nilai-nilai kearifan kopi itu sendiri dan kepedulian untuk lingkungan hidup. Hal-hal yang sangat diutamakan jika ingin bekerja sama dengan pihak luar negeri.

”Saat ini kami juga telah menerima konfirmasi kehadiran Belanda dan Ethiopia untuk hadir,” kata Wisnu Birowo.

Selanjutnya Andri salah satu panitia juga menjelaskan, pada acara kali ini interaksi dengan publik semakin ditingkatkan. Bakal ada ratusan tenant yang bakal bergabung di acara ini, sebagian besar datang dari luar Yogyakarta.

“Kami ingin ada interaksi antara masyarakat dan pegiat industri kopi Nusantara,” imbuhnya.

Baca juga : Festival CreArtive LPS Ajak Masyarakat Untuk Lebih Cermat Dalam Menyaring Informasi Keuangan

Pesertanya berasal Ambon, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Ada yang dari Banten juga.

“Kami ingin menggaungkan pesan, orang-orang harus tahu betapa beragamnya kopi kita,” terangnya.

Diplomasi Kopi

 Sementara itu Anggi Dita, dari seksi penyelenggaraan juga menyatakan, Malioboro Coffee Night melibatkan seniman asal Yogyakarta. Karena acara akan dimulai dengan Pasukan Bregodo, menyanyikan lagu Indonesia dan Tarian Aceh.

Selain itu, menurut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swedia (2016-2020) Bagas Hapsoro, wisatawan yang sedang berlibur di Kota Gudeg akan langsung dimanjakan dengan sajian kopi Nusantara.

Hal khusus pada kegiatan Malioboro Coffee Night sekarang ini, menurut Bagas, panitia mengundang perwakilan asing. Tidak hanya diundang untuk bicara tentang kopi kita, tetapi juga diajak berwisata kopi ke daerah-daerah yang memiliki produksi kopi.

Baca juga : Kapolri Tegaskan Dukung dan Siap Amankan Seluruh Rangkaian Piala Dunia U-17

“Ini bagus. Mengingat melalui wisata kopi, para peserta dari pihak asing dapat melihat gambaran positif tentang kopi Nusantara yang memiliki kekhususan dan diakui secara internasional. Tasting is believing,” sambung Bagas Hapsoro.

Kemudian pada hari kedua akan dibuka diskusi berjudul ”Improving the Quality of Indonesian Coffee based on Cultural Heritage, Environment and Tourism”.

Bagas juga menyatakan, diskusi pada 2 Oktober 2023 di Fisipol UGM Yogyakarta akan mendengarkan pandangan masing-masing pihak tentang peranan kopi dari segi ekonomi, kebudayaan dan lingkungan hidup. 

“Peranan diplomasi sangat penting saat ini. Karena mampu membuat kopi mempunyai nilai strategis tidak saja dari ekonomi tetapi juga harkat kemanusiaan dan kebudayaan,” tutur Bagas.

Dalam kaitan itu, lanjutnya, pengakuan Badan Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) tentang “Sumbu Filosofi Yogyakarta” sebagai Warisan Dunia dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama.

Baca juga : PIRA Banten Siap Menangkan Prabowo Dan Gerindra

Sumbu Filosofi Yogyakarta adalah konsep tata ruang yang Raja Pertama Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada abad ke-18.

Konsep tata ruang ini dibuat berdasarkan konsepsi Jawa dan berbentuk struktur jalan lurus yang membentang antara Panggung Krapyak di sebelah selatan, Kraton Yogyakarta, dan Tugu Yogyakarta di sebelah utara.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here