- Advertisement -spot_img
HomePERISTIWAButuh 68 Tahun Lagi Rata-rata Gaji Minimum Rp10 Juta

Butuh 68 Tahun Lagi Rata-rata Gaji Minimum Rp10 Juta

- Advertisement -spot_img


Forumterkininews.id, Jakarta – Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai perlu sekitar 68 tahun lagi agar gaji rata-rata masyarakat Indonesia mencapai minimum Rp10 juta per bulan.

“Jadi kalau pakai hitung-hitungan pertumbuhan gaji rata-rata masyarakat tiap tahunnya yang hanya sekitar 1,8 persen, maka dibutuhkan 68 tahun untuk mencapai Rp10 juta per bulan atau baru tercapai pada tahun 2092,” kata Bhima di Jakarta, Selasa (17/10).

Bhima menyampaikan perhitungan tersebut sebagai respons dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sebelumnya Airlangga menyatakan dibutuhkan rata-rata gaji masyarakat minimal Rp10 juta per bulan agar Indonesia mampu menjadi negara maju.

Menurut Bhima, untuk mencapai target tersebut pada tahun 2045, maka pertumbuhan rata-rata gaji masyarakat harus 6 persen. Agar mampu mengejar pertumbuhan 6 persen, pemerintah perlu menaikkan upah minimum masyarakat di atas 10 persen.

Di samping itu, perlu adanya dorongan dari sisi kebijakan pemerintah. Pertama, pemerintah perlu mengubah struktur ekonomi Indonesia. Menitikberatkan pada industri pengolahan yang bernilai tambah alih-alih industri ekstraktif.

Industri pengolahan yang bernilai tambah akan mampu mendorong Indonesia untuk merebut basis industri sekaligus mampu bersaing dengan negara-negara kawasan lainnya seperti Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

“Kita harus melepaskan kegiatan ekonomi yang sifatnya ekstraktif, masuklah kepada industri pengolahan yang bernilai tambah. Mampu bersaing setidaknya sekarang ini dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam, Filipina, Malaysia,Thailand,” jelasnya mengutip Antara.

Kedua, pemerintah perlu mendukung sektor padat karya dengan memberikan insentif perpajakan dan inisiatif mohon pajak kepada sektor yang bergerak di bidang pertanian ataupun industri pengolahan.

Lebih lanjut, Bhima menilai digitalisasi saat ini menjadi sektor yang potensial untuk mendongkrak penghasilan rata-rata masyarakat Indonesia. Ke depan, sektor digitalisasi akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bergaji tinggi dengan gaji di atas Rp30 juta per bulannya.





Source link

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here