Jumlah kebakaran di lahan pertanian UP dua kali lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, AQI buruk di Delhi

Jumlah kebakaran lahan pertanian yang terjadi di Uttar Pradesh pada musim panen rabi kali ini adalah dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, menurut data.

Komisi Manajemen Kualitas Udara (CAQM) mengatakan pada hari Rabu bahwa “tingkat kebakaran residu pertanian yang lebih tinggi di dalam dan sekitar kawasan NCR dan juga kebakaran hutan di negara bagian terdekat dapat berdampak pada kualitas udara Delhi-NCR secara keseluruhan.” selain itu kondisi kering mengakibatkan tersuspensinya debu di atas NCR.

Jumlah kebakaran lahan pertanian yang tercatat sepanjang tahun ini (dari 1 April hingga 16 Mei) di Uttar Pradesh adalah 13.578, naik dari angka 6.427 yang tercatat pada bulan April dan Mei tahun lalu, menurut data dari Institut Penelitian Pertanian India (IARI) Konsorsium Penelitian Pemantauan dan Pemodelan Agroekosistem dari Dasbor Luar Angkasa. Jumlah kebakaran di lahan pertanian – untuk membersihkan sisa gandum dari ladang sebelum ditanami tanaman berikutnya – juga lebih tinggi dibandingkan angka 10.981 yang tercatat di negara bagian tersebut pada musim panen tahun 2022.

Berdasarkan data buletin IARI, angka kebakaran lahan pertanian UP setelah panen gandum tahun ini bahkan lebih tinggi dibandingkan setelah panen padi tahun lalu, yang pada 15 September hingga 30 November tercatat 3.996 kebakaran.

AQI di Delhi pada hari Rabu adalah 243, sedangkan pada hari Kamis adalah 235, keduanya termasuk dalam kategori ‘miskin’.

Kualitas udara di ibu kota negara masih berada dalam kategori ‘buruk’ (201 hingga 300) mulai tanggal 13 Mei dan seterusnya.

Selain UP, Haryana juga mencatat kenaikan angka kebakaran lahan pada musim panen rabi ini dibandingkan tahun lalu. Di Haryana, angka kebakaran lahan tahun ini (2.947) lebih tinggi dibandingkan tahun lalu (1.900). Sementara itu, Punjab telah mencatat 8.504 kebakaran sepanjang musim ini, dibandingkan dengan 11.355 kebakaran pada bulan April dan Mei tahun lalu, dan 14.511 kebakaran pada tahun 2022.

Jumlah kebakaran lahan pertanian musim panen rabi di Madhya Pradesh sepanjang tahun ini (13.104) lebih rendah dibandingkan jumlah 18.833 pada bulan April dan Mei 2023.

Pada hari Kamis, Punjab mengalami jumlah kebakaran lahan pertanian tertinggi – 143. Sementara UP mencatat 103 kasus, Haryana mencatat sembilan kasus kebakaran lahan pertanian.

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz