Bikin Panjang Umur, Ini 7 Pilihan Sarapan Sehat untuk Usia 50 Tahun

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Sarapan diperlukan untuk memberikan energi di pagi hari, tak terkecuali bagi mereka yang usianya menginjak 50 tahun. Berikut ini rekomendasi sarapan sehat untuk usia 50 tahun ke atas.

Usia 50 tahun kerap dianggap sebagai momen perubahan besar bagi setiap orang. Pada fase ini, komitmen akan gaya hidup sehat sangat dibutuhkan.

“Setelah usia 50 tahun, metabolisme melambat, kadar estrogen turun, dan kebutuhan nutrisi tertentu meningkat,” ujar ahli diet Hillary M Wright, mengutip Eat This Not That.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Wright, pada fase ini, seseorang disarankan untuk membuat pilihan makanan yang lebih bijak untuk mencegah kondisi-kondisi kronis di masa tua.

Salah satu yang perlu diperhatikan di usia 50-an adalah menu sarapan yang lebih sehat, termasuk dengan menghindari kopi, daging berlemak, makanan olahan, dan pemanis buatan. 

Ahli pun menyarankan agar fokus memilih menu sarapan yang lebih sehat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan energi meningkat di usia 50 tahun.

1. Telur

Mengutip Lottie, telur adalah salah satu makanan sarapan terbaik dan serbaguna, tak terkecuali untuk orang di usia 50 tahun ke atas. Telur mengandung 13 gram protein dan campuran nutrisi yang sangat bermanfaat.

Anda bisa menyantap telur dengan direbus, dikukus, atau dipadukan dengan roti panggang. Untuk tambahan protein dan lemak sehat, Anda bisa menambahkannya dengan selai kacang.

2. Yogurt

Yoghurt yang dicampur dengan buah dan granola merupakan kombinasi lemak sehat, vitamin C, dan karbohidrat.

Cobalah yoghurt Yunani, pisang, dan kacang-kacangan dengan sedikit madu sebagai sarapan untuk usia 50 tahun ke atas.

3. Buah-buahan




Ilustrasi. Buah-buahan termasuk sarapan sehat untuk usia 50 tahun ke atas. (iStockphoto/margouillatphotos)

Melansir berbagai sumber, buah adalah bagian penting dari pola makan seimbang secara keseluruhan dan bahan serbaguna untuk sarapan.

Buah beri seringkali menjadi salah satu pilihan buah terbaik, karena lebih rendah gula alaminya, dan menyediakan banyak vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan.

4. Sayuran hijau

Sarapan sehat untuk usia 50 tahun ke atas selanjutnya adalah sayuran hijau. Anda bisa mencampurkan bayam, jamur, telur dadar, paprika, dan bawang bombay sebagai menu sarapan. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie.

5. Biji-bijian

Anda bisa memilih gandum sebagai menu sarapan sehat. Gandum merupakan sumber serat yang bisa mendukung kebutuhan nutrisi orang di usia lanjut.

6. Smoothie dan jus




Ilustrasi. Smoothie termasuk sarapan sehat untuk usia 50 tahun ke atas. (iStock/Foxys_forest_manufacture)

Anda dapat mengemas apapun yang Anda suka ke dalam smoothie, mulai dari kiwi, mentimun, bayam, kangkung dan anggur, hingga stroberi, raspberry, pisang, dan mangga. Selain kaya akan vitamin dan antioksidan, smoothie juga lebih mudah dikonsumsi bagi mereka yang merasa tidak nyaman atau nyeri saat mengunyah.

Demikian pula, segelas jus buah segar yang ringan di perut dan bisa menjadi cara sempurna untuk memulai hari Anda, seperti jus jeruk yang kaya vitamin C.

7. Tofu scramble

Scramble tofu bisa dijadikan sebagai sarapan sehat untuk orang usia 50 tahun ke atas. Tahu merupakan sumber protein nabati, dan penelitian Harvard University menyatakan tahu tidak mengandung kolesterol.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz