Tak Ada Pendaftar Pilkada Independen, Ini Kata KPU Kota Jogja

Harianjogja.com, TEGALREJO—KPU Kota Jogja tidak menerima pendaftaran bakal calon wali kota Jogja dari jalur perseorangan. Padahal, Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryosamudro sempat menerima konsultasi dari dua tim perseorangan.

“Yang konsultasi ada 2 tim ada, yang satu akademisi yang satu pengusaha itu datang konsultasi di meja layanan 12 Mei, sebelumnya mereka komunikasi via handphone. Seminggu sebelum itu datang konsultasi,” jelasnya, Kamis (16/5/2024).

Harsya menyebut turunnya minat pendaftar bakal calon wali kota Jogja dimungkinkan karena dekatnya masa jeda pemilu dengan pilkada.

“Jeda pemilu dan pilkada sekarang berdekatan. Rekapitulasi pemilu di tingkat nasional baru selesai kemudian tahapan pilkada langsung menyusul. Dan itu kan kami di KPU kabupaten kota pelaksana saja, yang pembuat regulasi kan para legislator itu sendiri,” ungkap Harsya.

Baca Juga

Calon Bupati Magelang Jalur Independen Harus Punya Minimal 65.494 Dukungan

Perhatian! Berikut Syarat dan Tahapan Paslon Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Sleman

Help Desk Pendaftaran Calon Independen untuk Pilkada Bantul Sepi Peminat

Selain karena jeda waktu yang berdekatan, Harsya memperkirakan masih ada masyarakat yang tak paham soal persyaratan yang diperlukan, sehingga tak cukup persiapan. Padahal, syarat dukungan yang diperlukan cukup banyak, yakni minimal 8,5 persen atau sejumlah 27.342 warga Kota Jogja.

“Mereka belum cukup memahami regulasi, sehingga ketika ada kesempatan calon perseorangan jadi ada problematika pengumpulan syarat dukungan itu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz