PM Slovakia Ditembak, Ini Respons AS dan NATO

loading…

PM Slovakia Robert Fico diberondong tembakan oleh pria bersenjata di kota Handlova, Rabu. AS dan NATO mengecam upaya pembunuhan tersebut. Foto/REUTERS

BRATISLAVA – Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico diberondong tembakan oleh pria bersenjata di kota Handlova, Rabu. Beruntung, pemimpin negara NATO itu masih selamat dari upaya pembunuhan.

Meski menjadi PM negara NATO, Fico bersikap netral soal perang Rusia-Ukraina. Sikapnya ini membuatnya ditentang para pemimpin Barat, termasuk politisi di negaranya sendiri.

Presiden Slovakia Zuzana Caputova, lawan politik Fico, mengutuk serangan “brutal dan kejam” terhadap perdana menteri.

“Serangan fisik terhadap perdana menteri, pertama-tama, merupakan serangan terhadap seseorang, namun juga merupakan serangan terhadap demokrasi,” kata Caputova dalam pernyataan yang disiarkan televisi, seperti dikutip CBS News, Kamis (16/5/2024).

“Kekerasan apa pun tidak dapat diterima. Retorika kebencian yang kita saksikan di masyarakat mengarah pada tindakan kebencian. Tolong, mari kita hentikan.”

Partai oposisi utama Slovakia, Progressive Slovakia, membatalkan rencana protes terhadap rencana kontroversial pemerintah untuk merombak penyiaran publik, yang menurut mereka akan memberi pemerintah kendali penuh atas radio dan televisi publik.

“Kami benar-benar mengutuk kekerasan dan penembakan Perdana Menteri Robert Fico hari ini,” kata pemimpin Progressive Slovakia Michal Simecka.

“Pada saat yang sama kami menyerukan kepada semua politisi untuk menahan diri dari ekspresi dan langkah apa pun yang dapat menambah ketegangan.”

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia terkejut mendengar tentang serangan itu.

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz