Pemkab Kepulauan Seribu ajak warga lengkapi imunisasi pada anak

Pemkab Kepulauan Seribu juga aktif meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepercayaan masyarakat akan pentingnya dan manfaat imunisasi

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengajak warga  melengkapi imunisasi pada anak  sebagai ikhtiar menangkal  sejumlah penyakit.

“Program imunisasi adalah salah satu upaya untuk mempersiapkan generasi penerus yang sehat, cerdas,  dan  memiliki peradaban yang unggul,” kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan pada perayaan 50 tahun Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 harus dijadikan momentum untuk memastikan anak-anak di Kepulauan Seribu mendapatkan imunisasi secara lengkap.

Junaedi meminta kepada seluruh jajaran Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Seribu dibantu para camat dan lurah serta seluruh pihak-pihak yang terkait untuk terus mengupayakan peningkatan partisipasi aktif masyarakat.

Menurut dia capaian ini dapat meningkat jika melibatkan orang tua untuk mencapai status imunisasi rutin lengkap sesuai jadwal bagi para balita.

Ia mengatakan beberapa langkah yang telah lakukan untuk meningkatkan capaian imunisasi lengkap mulai dari mendorong keterlibatan dan komitmen seluruh elemen masyarakat, guna mencapai eradikasi dan eliminasi Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Pemkab Kepulauan Seribu juga aktif meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepercayaan masyarakat akan pentingnya dan manfaat imunisasi.

“Selain itu tidak ketinggalan mempermudah akses layanan bagi masyarakat yang akan memperoleh imunisasi secara lengkap,” kata dia

Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kamis.

Sementara itu Plt Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Dwi Oktavia mengatakan selama tahun 2023 Provinsi DKI Jakarta telah berkomitmen memberikan imunisasi dasar lengkap kepada 180.632 bayi usia 0-11 bulan dan imunisasi lanjutan lengkap ke 168.832 balita usia 18-24 bulan.

“Melalui momen Pekan Imunisasi Dunia, Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama-sama dengan para jajaran tanpa letih kembali mengkampanyekan imunisasi rutin lengkap sejak lahir sampai selesai sekolah dasar untuk cegah penyakit,” katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga turut berpartisipasi aktif dalam momen Pekan Imunisasi Dunia melalui seminar online bersama dokter spesialis anak dan spesialis kebidanan kepada 600 guru sekolah dasar, orang tua murid, dan kader kesehatan, dan kampanye imunisasi rutin lengkap bersama dokter spesialis anak.

“Semoga kegiatan perayaan Pekan Imunisasi Dunia Tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu mencapai target tujuan akhir dari yang kita harapkan, berupa tercapainya peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat Pulau Seribu dan tercapainya cakupan imunisasi tinggi serta merata di seluruh kelurahan,” kata dia.

Baca juga: Kelurahan intervensi 16 anak terindikasi stunting di Pulau Panggang

Baca juga: Seluruh balita di Jakarta Utara diupayakan dapat imunisasi lengkap

Baca juga: Jakut ajak masyarakat terlibat aktif tingkatkan capaian imunisasi


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz