Orang Tua Diminta Tularkan Semangat Membaca pada Anak

SLEMAN—Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Novanto Darmawan, menilai program bedah buku yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY memiliki banyak manfaat.

Para peserta yang didominasi orang tua ini diharapkan mampu menularkan semangat membaca kepada anak-anak. “Dengan membaca, maka bisa menambah wawasan karena buku merupakan jendela dunia,” kata Sofyan saat menjadi pembicara dalam Program Bedah Buku di Balai Pedukuhan Sawahan, Kalurahan Margomulyo, Kapanewon Seyegan, Kamis (16/5/2024).

Menurut dia, sikap yang baik ini harus ditularkan sehingga bisa ditiru oleh anak. Sofyan tidak mempermasalahkan anak memegang gawai untuk membaca WhatsApp atau yang lain.

Namun, intensitas harus dijaga sehingga waktu luang bisa diisi dengan kegiatan positif seperti membaca buku. “Jangan pegang gawai terus. Lebih baik bawa buku dan membacanya karena bisa menambah pengetahuan. Di sisi lain, saat dilihat anak kebiasaan yang baik bisa ditiru dengan melihat aktivitas dalam keseharian,” katanya.

Sofyan menambahkan, tema bedah buku kali ini tentang pembinaaan dan pendidikan anak. Judul buku yang dibedah yakni Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur pada Anak.

Menurut dia, tujuan utama dari bedah buku adalah untuk meningkatkan literasi di masyarakat.

Namun, dia berharap program ini juga dapat menambah wawasan tentang upaya mengasuh anak, khususnya dalam rangka menumbuh kembangkan semangat enterpreneur.

Entreprenuer tidak melulu urusan bisnis karena menumbuhkan semangat kerja keras, pantang menyerah serta mengasah kemampuan akal dan pikiran untuk lebih kreatif juga bagian dari wujud entrepreneur,” katanya.

Sekretaris DPAD DIY, Martono Heri Prasetyo, mengatakan acara bedah buku terselenggara berkat kerja sama DPAD dengan DPRD DIY dan digelar di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Tujuan utama kegiatan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Dia tidak menampik, budaya membaca di DIY merupakan tertinggi di Indonesia. Hanya saja, dari sisi ketertarikan masih perlu ditingkatkan lagi. “Tema kali ini berkaitan dengan pengembangan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan. Semoga buku yang diberikan bisa menjadi panduan dan menambah wawasan serta bermanfaat dalam upaya pengembangan usaha,” katanya.

Menurut dia, upaya peningkatan minat bacat tidak hanya melalui program bedah buku. Pasalnya, DPAD DIY juga memiliki banyak program di kantor yang berlokasi di Jalan Raya Janti, Kalurahan Wonocatur, Banguntapan, Bantul.

“Di sana masyarakat bisa membaca atau meminjam buku. Selain itu, ada diorama tentang sejarah DIY serta ada ruang bercerita hingga bioskop enam dimensi yang bisa diakses pengunjung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz