Kasus narkoba dominasi penanganan perkara di Kajari Tanah Laut

“Khusus untuk perkara narkoba pada hari ini sebanyak 51 kasus dengan barang bukti 9,2 gram sabu-sabu,”

Pelaihari (ANTARA) – Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan hingga saat ini lebih dominan menangani kasus penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) dari sejumlah kasus yang masuk.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanah Laut Teguh Imanto, mengatakan, penanganan kasus narkoba di Kejari Tanah Laut cukup dominan jika dibandingkan tindak kriminal lainnya seperti, senjata tajam, minyak dan gas bumi atau pertambangan, penipuan, pencurian, penggelapan dan penadahan.

“Khusus untuk perkara narkoba pada hari ini sebanyak 51 kasus dengan barang bukti 9,2 gram sabu-sabu,” ujar Kejari Tanah Laut, Teguh Imanto, selepas acara pemusnahan barang bukti dalam perkara tindak pidana umum, Kamis.

Menurut dia, mungkin dari 9,2 gram barang bukti Sabu-Sabu dari 51 kasus narkoba tersebut menjadi pertanyaan.

“Setiap perkara narkoba, saya selaku Kajari selalu memberikan penetapan kepada penyidik, khusus terhadap kasus narkoba kami membuat penetapan hanya sebagian kecil saja dijadikan barang bukti di persidangan. Sedangkan sebagian lainnya disisihkan untuk keperluan laboratorium dan sisanya lagi dimusnahkan di penyidikan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, jelas dia, pihaknya pada kegiatan tersebut hanya bisa memusnahkan 9,2 gram sabu-sabu.

“Sedangkan perkara lain berupa, perkara biasa seperti, orang dan harta benda,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, dia memberikan pesan khusus kepada warga Tanah Laut agar mengetahui kalau di daerah mereka banyak perkara menyangkut narkoba.

“Hampir tiap minggu ada perkara narkoba masuk Kejari Tanah Laut. Kita juga berkoordinasi dengan pak Ketua Pengadilan Negeri Tanah Laut. Beliau menghitung hampir 70 persen yang kami limpahkan perkara adalah, masalah narkoba,” tandasnya.

Teguh Imanto mengemukakan, pemusnahan barang bukti tersebut sudah punya kekuatan hukum tetap.

Sementara, Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Laut M Kusri mengatakan, kasus narkoba di daerah tersebut menjadi perhatian bersama.

“Ini harus menjadi perhatian semua pihak supaya narkoba di Kabupaten Tanah Laut bisa berkurang,” tegasnya.

Pewarta: Imam Hanafi/arianto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz