DPRD DKI Usul Pemprov dan Minimarket Kerja Sama Soal Juru Parkir Liar


Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pihak minimarket bekerja sama terkait juru parkir liar.

Taufik mengaku setuju dengan penertiban oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, kata Taufik, tak elok apabila berhenti pada penertiban semata. Kedua belah pihak harus diberi solusi terbaik yang sama-sama menguntungkan.

“Mungkin memang sekarang itu kategorinya liar tapi bisa dibikin suatu peraturan supaya tukang parkir itu nanti fungsinya menertibkan, merapikan parkiran yang ada, kemudian juga menjaga motor atau mobil yang diparkir. Nah, ini mungkin bisa dibuat aturannya. Sehingga kemudian win-win solutions,” ujar Taufik dikutip dari laman DPRD DKI, Kamis (16/5).

Menurutnya, solusi yang saling menguntungkan itu bisa berbentuk kesepakatan kerja sama dengan tanggung jawab dibebankan pada masing-masing pihak.

Misalnya, pengelola minimarket menerima keberadaan juru parkir di depan tempat usahanya. Sementara juru parkir bertanggung jawab atas keamanan kendaraan pengunjung.

“Bagus juga kalau minimarket juga bekerjasama. Misalnya minimarket membuat syarat yang jadi juru parkir harus orang situ. Sehingga terjadi hubungan yang konstruktif, saling membantu,” ucapnya.

Ia menyebut solusi saling menguntungkan kedua belah pihak itu merupakan jalan tengah terbaik. Apalagi, terdapat kebutuhan mendesak masyarakat. Karena itu, tak jarang sebagian orang memilih bekerja sebagai juru parkir di depan minimarket.

“Jadi ada solusi yang tengah-tengah, memang harus ditertibkan. Tetapi memang kita harus melihat bahwa banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Dan saya kira kalau dia (jukir) tidak liar, masyarakat tidak berkeberatan untuk ditarik pungutan parkir,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dishub DKI Jakarta menertibkan juru parkir liar di minimarket secara manusiawi. Penertiban itu bertujuan agar para juru parkir liar tak lagi meresahkan masyarakat.

“Artinya perlu kita biarkan mereka tetapi jangan meresahkan masyarakat. Masyarakat ingin bekerja membangun ekonomi Jakarta,” kata Heru.

Heru juga akan membahas bersama Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta terkait pekerjaan pengganti untuk juru parkir liar.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]


https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz