Anugerah Jurnalistik Apkasi 2024, Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta (ANTARA) – Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan bangga mengumumkan kembali penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2024, sebuah acara tahunan yang menghargai kontribusi para wartawan dan media massa dalam mendukung pembangunan di berbagai daerah.

Tahun ini tema yang diusung adalah ‘Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045’. Apkasi berkomitmen mendorong perkembangan daerah demi mencapai visi Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045.

Sarman Simanjorang, Direktur Eksekutif Apkasi, menyoroti pentingnya peran media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, salah satu plaftform tersebut adalah AJA 2024, yang merupakan platform penting bagi para jurnalis untuk mengangkat isu-isu strategis yang berkontribusi pada peningkatan daya saing daerah di tengah arus globalisasi.

Melalui pemberitaan yang berkualitas diharapkan media memiliki peran krusial dalam memberikan informasi yang mendukung upaya pembangunan. “Kami meyakini bahwa media memiliki kekuatan dalam mendorong transformasi positif di berbagai daerah. Tema AJA 2024 menekankan pentingnya inovasi, kolaborasi, dan keberlanjutan dalam menghadapi tantangan pembangunan yang kompleks. Kami mengundang para wartawan dan media massa untuk berperan aktif dalam menyuarakan solusi-solusi yang membawa dampak positif bagi masyarakat,” ujar Sarman.

AJA 2024 bukan hanya sekadar ajang penghargaan, tetapi juga merupakan momentum bagi para jurnalis untuk memperluas cakupan liputannya, mendalami isu-isu lokal, dan membangun narasi yang memotivasi perubahan. Dalam konteks visi Indonesia Emas 2045, media memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi agen perubahan yang mempercepat pembangunan berkelanjutan di seluruh penjuru negeri.

Tahun ini, Apkasi mengajak seluruh stakeholder, termasuk pemerintah daerah, akademisi, dan masyarakat, untuk mendukung peran strategis media dalam memajukan pembangunan daerah. Kemitraan antara pemerintah, media, dan masyarakat merupakan fondasi utama dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

AJA 2024 menjadi wadah untuk memperkuat kolaborasi ini demi mencapai cita-cita bersama. Para peserta diharapkan untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang menginspirasi, informatif, dan berdampak positif bagi pembangunan daerah.

Dengan fokus pada peningkatan daya saing, AJA 2024 mempromosikan narasi-narasi yang memperkuat identitas lokal sambil tetap terhubung dengan dinamika global. “Dalam menghadapi tantangan global dan lokal, AJA 2024 menjadi panggung untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang berdaya saing, inklusif, dan berkelanjutan. Kami mengundang para jurnalis dan media massa untuk bergabung dalam perjalanan ini menuju Indonesia Emas 2045,” tutup Sarman.

Lomba tulis AJA ini dibuat dalam 2 kategori yaitu penulisan artikel (indepth) di media massa cetak dan media online. Masing-masing pemenang terbagi untuk juara I, II dan III, dengan total hadiah belasan juta rupiah. Lomba ini berlaku bagi seluruh media nasional dan lokal cetak/online yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz