7 Cara Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami

Saat tubuh terpapar suhu rendah, beberapa orang bisa saja mengalami alergi dingin. Biasanya kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala berupa bersin-bersin, hidung tersumbat, mata berair, hingga ruam di kulit. Meski gejalanya tak sebanyak alergi lainnya, alergi dingin tetap saja bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas seseorang.

Nah, Moms, Jika Anda mengalaminya, tak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi dingin, termasuk dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara mengatasi alergi dingin secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

Baca juga: Bayi Anda Alergi Debu? Begini Cara Menanganinya, Moms

1. Konsumsi madu

Madu sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh, sebab di dalam madu terkandung sejumlah nutrisi yang bersifat makronutrien dan mikronutrien. Karena itu, Moms bisa gunakan madu untuk mengatasi alergi dingin. Caranya bisa dengan mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya dengan teh hangat.

2. Mandi dengan oatmeal

Cara alami untuk mengatasi alergi dingin berikutnya adalah mandi dengan oatmeal. Menurut Healthline, oatmeal mengandung antiinflamasi yang bisa membantu meredakan gatal-gatal, termasuk yang disebabkan oleh masalah alergi dingin. Anda bisa menggunakan setengah cangkir oatmeal yang digiling halus, kemudian masukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Gunakan air tersebut untuk berendam selama sekitar 15 menit ya, Moms. 

3. Oleskan gel lidah buaya

Berikutnya, gunakan bahan alami seperti lidah buaya untuk mengatasi alergi dingin. Di dalam lidah buaya terkandung senyawa antimikroba yang bisa membantu menghidrasi kulit secara alami. Hal ini bisa membantu Moms mengurangi gejala alergi dingin pada kulit, seperti kemerahan dan gatal-gatal. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya, terutama di malam hari sebelum Anda tidur.

4. Minum teh hijau

Minum teh hijau menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi alergi dingin. Teh hijau punya kandungan antihistamin yang bisa menghentikan pelepasan histamin saat tubuh mengalami alergi. Dengan begitu, gejala alergi yang muncul di tubuh diharapkan bisa segera mereda. Moms bisa konsumsi teh hijau sebanyak 1-2 cangkir per hari, sambil diberi campuran madu.

5. Gunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan minyak alami yang sejak dulu dipercaya bisa membantu meringankan gejala alergi, termasuk alergi dingin, karena di minyak kayu putih mengandung sifat antimikroba. Moms bisa gunakan minyak kayu putih dengan cara membalurkannya ke bagian yang mengalami gejala alergi, seperti kulit, area sekitar hidung, atau leher.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Alergi? Ini Jawabannya!

6. Konsumsi makanan hangat

Mengonsumsi makanan hangat dan berkuah meruapakan salah satu cara untuk meredakan alergi dingin. Asupan yang satu ini dipercaya bisa membantu menetralkan temperatur tubuh, terutama setelah terpapar suhu dingin. Dengan begitu, gejala alergi dingin seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang Anda alami bisa segera mereda.

7. Minum air jahe

Dilansir dari Healthline, jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki efek antihistamin. Ini yang kemudian membuat jahe bermanfaat untuk mengatasi alergi dingin dan meringankan gejala yang muncul pada tubuh. Anda bisa membuat air jahe dengan cara merebus 1 ruas irisan jahe dengan segelas air, kemudian tambahkan madu dan minum air jahe selagi hangat ya, Moms. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-updated-daily-bkve free instagram followers free trial zwtw free 100 dollar ebay gift card bqmx 1k free spins coin master exvf pre order the google pixel 8a from amazon or best buy ztwr how do i withdraw money from my paypal account osyz