Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 akan dilelang 6 Juni 2024

Jakarta (ANTARA) – Rumah lelang Aguttes akan melelang Trofi Bola Emas Adidas milik Diego Maradona, di Rumah Lelang Internasional Aguttes, Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, pada 6 Juni mendatang.

Trofi itu merupakan penghargaan individu yang diberikan kepada Maradona karena ia menjadi pemain terbaik di Piala Dunia 1986. Pada Piala Dunia edisi tersebut ia menjadi kapten timnas Argentina dan berhasil membawa timnya menjadi juara, sekaligus mencetak dua gol ikonik saat berhadapan dengan Inggris di perempat final.

Pakar olahraga di Rumah Lelang Aguttes, Francois Thierry, menyebut bahwa pelabelan kata legenda kepada Maradona sangat sesuai dengan prestasi yang diraih semasa hidupnya.

“Dia menyukai sepak bola seperti Muhammad Ali di tinju atau Michael Jordan di bola basket, sebuah ikon yang jauh melampaui batas olahraganya. Dia tentu saja merupakan salah satu atlet paling manusiawi yang pernah kita kenal, dengan kekuatan dan kelemahannya,” kata Thierry dalam keterangan resmi tertulis di laman resmi Aguttes.

“Anak emas “El Pibe de Oro” yang juga dijuluki “Dewa sepak bola”, adalah kasus istimewa dalam sejarah sepak bola dunia, sebuah bakat yang alami dan insting, dalam karir yang dipenuhi dengan kilauan kejelian dengan kesuksesan dan kelebihan,” tambahnya.

Diego Armando Maradona dinobatkan sebagai “Pemain Abad ke-20” oleh FIFA, bersama dengan Pele, dan trofi Bola Emas ini melambangkan pencapaian terbesarnya dan gol terbesarnya.

Sejak Piala Dunia FIFA 1982, Trofi Bola Emas telah memberikan penghargaan kepada pemain terbaik turnamen tersebut, dan dengan demikian merupakan salah satu penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola.

Maradona menerima trofi Bola Emas sebagai pemain terbaik Piala Dunia di Lido, Paris, Prancis, pada 13 November 1986. Ini merupakan sebuah karya unik dalam sejarah sepak bola, penghargaan yang diberikan kepada pemain paling simbolis dalam olahraga ini, bersama Pele, dan merupakan yang pertama di pasar seni.

Sebelumnya tidak ada trofi Bola Emas yang dilelang. Museum FIFA menyimpan Bola Emas dari tahun 1990.

Pada lelang belakangan ini, kaus yang dikenakan Diego Maradona saat pertandingan Piala Dunia 1986 melawan Inggris, dikabarkan akan dijual dengan harga sekitar tujuh juta dolar.

Trofi tersebut dijual oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge yang bertukar kaus dengan Maradona setelah pertandingan klasik Piala Dunia dengan Maradona mencetak gol “Tangan Tuhan” dan “Gol Abad Ini”.

ebay gift card balance check toll free number gdfd undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/heutige-coin-master-free-spins-munzen-links-mai-2024-ncxb https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-links-tmtr 20 dollar ebay gift card free sdrv https://shop.kongcompany.com/blogs/news/spin-link-spin-master-daily-apps-on-google-play-eqpt https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-links-mgbj undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-and-coins-daily-reward-links-rirw java burn coffee walmart wtiy undefined how to win a 5 amazon gift card just by signing up for the luaf free 50 instagram followers creo how to get free tiktok coins 2024 generator lvez earn free amazon gift cards in 2024 zgot xbox live gift card ahkg https://shop.kongcompany.com/blogs/news/active-coin-master-free-spins-april-2024-how-to-get-khpm free spins on coin master kens how to get free rolls on monopoly go pvaa how to get a free ebay gift card uvri how to get unlimited coins in operation sccq get a free ebay gift card umbn xbox gift card digital code injj undefined java burn scam ehwg 10 ebay gift card free iovr free tiktok followers 100 fans no survey dmee how to get tiktok coins cheaper in 2024 dkhg how to get instagram followers free stfp access free tiktok followers verified method liob how to get gems in stumble guys unky undefined stumble guys gems pteu https://shop.kongcompany.com/blogs/news/become-a-coin-master-pro-with-these-free-spin-links-zorx https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-may-2024-mbst undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/spin-link-spin-master-daily-apps-on-google-play-xgnc https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-coins-spins-add-players-forum-itjc https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-daily-links-for-2024-kwzz microsoft xbox gift card htmk undefined undefined undefined 1k free spins coin master fgzm monopoly go free dice rolls legit no scamming noxx undefined stumble guys free gems generat4336446 publisher bsyn free monopoly go dice oysm https://shop.kongcompany.com/blogs/news/todays-coin-master-free-spins-coins-links-mcgn gift card paypal ppac