DPAD DIY Tingkatkan Literasi Masyarakat Kulonprogo dengan Program Bedah Buku

KULONPROGO—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY kembali menggelar program bedah buku di Bumi Binangun, tepatnya di Balai Kemiri, Kalurahan Mergosari, Kapanewon Pengasih pada Selasa (7/5/2024). Puluhan warga menghadiri kegiatan peningkatan literasi dengan bedah buku berjudul 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat yang turut dihadiri DPRD DIY.

Kepala Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Informasi DPAD DIY, Zulfa Kurniawan menjelaskan literasi di Kulonprogo tergolong masih perlu ditingkatkan. Hal itu berdasarkan survei literasi nasional, dimana DPAD DIY mengutus Kulonprogo jadi salah satu target respondennya.

Survei itu digelar pada 2023 kemarin dimana selain Kulonprogo ada dua daerah lain di Bumi Mataram yang mengikutinya, yaitu Kota Jogja dan Sleman. “Hasil dari survei tersebut ternyata di Kulonprogo perlu upaya peningkatan ekstra dibanding Sleman dan Kota Jogja, posisinya termasuk bawah secara nasional,” jelas Zulfan pada Selasa sore.

BACA JUGA: Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Bantul Masih Diberlakukan

Gelaran bedah buku yang rutin diselenggarakan di Kulonprogo, jelas Zulfan, adalah ikhtiar Pemda DIY untuk memperbaiki tingkat literasi. Program bedah buku ini cara efektif dalam model jemput bola untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Tak hanya bedah buku, Zulfan juga mempromosikan berbagai program yang dimiliki DPAD DIY khususnya Perpustakaan Grhatama. Dimana perpustakaan terbesar di DIY milik Pemda itu mudah diakses dan terbuka untuk siapa saja.

DPAD DIY berkomitmen melayani masyarakat luas, jelas Zulfan, dengan berbagai fasilitas unggulannya. “Fasilitasi itu perlu dimanfaatkan masyarakat luas dimana sudah menggunakan teknologi mutakhir, koleksi buku yang ada juga sudah sangat banyak sekali sehingga dijamin memenuhi kebutuhan literasi yang ada,” paparnya.

Sementara itu anggota Komisi D DPRD DIY, Ika Damayanti Fatma Negara yang turut menginisiasi program rutin bedah buku ini mengapresiasi kinerja DPAD DIY dalam meningkatkan literasi masyarakat. “Program seperti ini kami harapkan makin diperbanyak, karena berdampak secara langsung ke masyarakat dimana sifatnya jemput bola langsung,” katanya.

BACA JUGA: Pilkada Kulonprogo Diprediksi Diikuti Tiga Pasangan Calon

Ika yang membahas buku 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat dimana ia sendiri menulis kata pengantar di dalamnya menjelaskan peran orang tua tidak terbatas pada ibu pada perkembangan anak diperlukan. “Tidak hanya perempuan, laki-laki atau bapak harus tahu karena mengasuh anak adalah tanggung jawab bersama,” katanya.

Melalui pengasuhan yang baik, maka berbagai masalah dan tantangan yang ada dapat diantisipasi, seperti masalah stunting, kenakalan remaja, hingga pendidikan anak. “Masalah-masalah ini perlu diatasi bersama, punya referensi dengan membangun budaya literasi jadi satu langkah untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-daily-links-for-2024-zqef how to add visa gift card to paypal zfcy undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/find-my-username-and-never-get-free-spins-coin-master-jgjl undefined get 100 free tiktok followers instantly 100 real users obxj undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-links-may-2024-updated-repr https://shop.kongcompany.com/blogs/news/active-coin-master-free-spins-april-2024-how-to-get-aejw