Dampak sosio-ekologis dari kenaikan harga LPG

Ceritanya sejauh ini: Data dari survei ACCESS tahun 2014-2015, yang dilakukan oleh Dewan Energi, Lingkungan Hidup dan Air, menemukan bahwa biaya LPG menjadi hambatan utama dalam penerapan dan penggunaan LPG secara berkelanjutan di rumah tangga miskin pedesaan. Oleh karena itu, 750 juta orang India terutama menggunakan bahan bakar padat untuk memasak – kayu, kotoran, sisa pertanian, batu bara, dan arang – setiap hari. Bahan bakar padat untuk memasak mempunyai banyak sekali bahaya kesehatan dan dampak sosio-ekonomi dan lingkungan.

Apakah pemerintah. mendorong penggunaan LPG?

Pemerintah India sering memberikan harga tertinggi pada bahan bakar memasak di rumah tangga pedesaan yang beralih ke LPG. Skema Rajiv Gandhi Gramin LPG Vitrak diluncurkan pada tahun 2009 untuk meningkatkan distribusi LPG di daerah terpencil; hampir 45 juta sambungan LPG baru dibangun antara tahun 2010 dan 2013. Transfer manfaat langsung untuk LPG di bawah skema ‘PAHAL’ dimulai pada tahun 2015. Pada tahun 2016, pengiriman isi ulang langsung ke rumah dilaksanakan dan program ‘Give it Up’ diterapkan di sekitar 10 juta konsumen LPG secara sukarela menghentikan subsidi dan mentransfer rekening mereka ke rumah tangga yang berada di bawah garis kemiskinan. Pradhan Mantri Ujjwala Yojana (PMUY) mengikuti, dengan memasang sambungan LPG di 80 juta rumah tangga di bawah garis kemiskinan pada tahun 2020. Skema ini juga memberikan subsidi sebesar ₹200 untuk setiap tabung 14,2 kg, yang meningkat menjadi ₹300 pada bulan Oktober 2023 .

Maju ke tahun 2022: dari 54 negara yang memiliki harga LPG yang tersedia, India dilaporkan memiliki harga tertinggi, sekitar ₹300/liter.

Pada tahun 2023, penelitian yang dilakukan oleh penulis dan Amir Kumar Chhetri menunjukkan bagaimana masyarakat lokal di distrik Jalpaiguri di Benggala Barat bergantung pada hutan untuk kayu bakar. Bentang alam ini mempunyai sisa-sisa hutan yang sangat terdegradasi di mosaik perkebunan teh, pemukiman manusia, dan lahan pertanian, akibat sejarah konversi dan fragmentasi hutan.

Berdasarkan 40 diskusi kelompok terfokus di koloni buruh perkebunan teh dan di desa-desa yang berhutan dan pendapatan, studi ini menemukan bahwa penduduk di wilayah tersebut sangat bergantung pada hutan untuk kayu bakar, baik untuk konsumsi rumah tangga maupun untuk dijual. Sekitar setengah dari 214 toko lokal di 10 pasar menggunakan kayu bakar; para pekerja toko melaporkan harga sebuah silinder komersial, ₹1.900, terlalu mahal. Sekitar 38,5% penduduk Jalpaiguri berada di bawah garis kemiskinan dan sebagian besar dari mereka bekerja di perkebunan teh dengan upah harian ₹250. Dengan latar belakang ini, penggunaan kayu bakar sebagai bahan bakar memasak secara terus-menerus bukanlah suatu hal yang mengejutkan.

Alternatif apa yang cocok?

Meskipun tindakan mengumpulkan kayu bakar memberi masyarakat bahan bakar untuk memasak, hal ini juga menurunkan kualitas hutan dan memaksa masyarakat mengambil risiko bertemu dengan hewan liar. Karena berbagai skema pemerintah, sebagian besar rumah tangga di Jalpaiguri memiliki sambungan LPG namun hanya sedikit yang mengisi tabungnya bahkan dua kali setahun. Dengan diperkenalkannya skema PMUY, banyak rumah tangga dengan cepat beralih ke LPG dari kayu bakar, dan melaporkan bahwa aktivitas memasak mereka menjadi cepat dan tanpa asap, mereka tidak lagi perlu bangun pagi dan tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengumpulkan kayu bakar. Namun kenaikan harga LPG membuat keuntungan tersebut tidak bertahan lama.

Merancang alternatif pengganti kayu bakar yang dapat diterima, sesuai, dan berkelanjutan secara lokal adalah hal yang penting untuk mengamankan hutan, satwa liar, dan penghidupan penduduk setempat. Pekerjaan sedang dilakukan bersama dengan Departemen Kehutanan Benggala Barat dan Komite Pengelolaan Hutan Gabungan (Joint Forest Management Committees) untuk membantu empat desa memperoleh bibit pohon yang bernilai tinggi dengan syarat pohon tersebut merupakan spesies asli, dilarang ditebang, tidak disukai gajah, dan dipelihara oleh penduduk setempat. Alternatif seperti kompor memasak yang efisien, optimalisasi kepadatan pohon peneduh di perkebunan teh, dan pertemuan multi-pihak untuk tata kelola sumber daya juga sedang dikembangkan.

Apa selanjutnya?

Temuan kami menunjukkan bahwa kenaikan harga LPG, terutama selama dekade terakhir, dapat menyebabkan krisis sosio-ekologis di tempat-tempat di mana tidak ada alternatif lain selain kayu bakar dan kekurangan sosio-ekonomi merupakan hal biasa. Pemerintahan di masa depan harus fokus untuk membuat dan menjaga harga LPG tetap terjangkau. Pada saat yang sama, mereka juga perlu berupaya untuk membebaskan bahan bakar padat untuk memasak dari bahaya sosio-ekologis, misalnya melalui kebijakan nasional yang memperkenalkan tungku memasak tanpa asap yang mengonsumsi lebih sedikit kayu bakar.

Priyanka Das adalah anggota Konsorsium Koeksistensi.

ebay gift card balance check toll free number gdfd undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/heutige-coin-master-free-spins-munzen-links-mai-2024-ncxb https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-links-tmtr 20 dollar ebay gift card free sdrv https://shop.kongcompany.com/blogs/news/spin-link-spin-master-daily-apps-on-google-play-eqpt https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-links-mgbj undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-and-coins-daily-reward-links-rirw java burn coffee walmart wtiy undefined how to win a 5 amazon gift card just by signing up for the luaf free 50 instagram followers creo how to get free tiktok coins 2024 generator lvez earn free amazon gift cards in 2024 zgot xbox live gift card ahkg https://shop.kongcompany.com/blogs/news/active-coin-master-free-spins-april-2024-how-to-get-khpm free spins on coin master kens how to get free rolls on monopoly go pvaa how to get a free ebay gift card uvri how to get unlimited coins in operation sccq get a free ebay gift card umbn xbox gift card digital code injj undefined java burn scam ehwg 10 ebay gift card free iovr free tiktok followers 100 fans no survey dmee how to get tiktok coins cheaper in 2024 dkhg how to get instagram followers free stfp access free tiktok followers verified method liob how to get gems in stumble guys unky undefined stumble guys gems pteu https://shop.kongcompany.com/blogs/news/become-a-coin-master-pro-with-these-free-spin-links-zorx https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-may-2024-mbst undefined https://shop.kongcompany.com/blogs/news/spin-link-spin-master-daily-apps-on-google-play-xgnc https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-coins-spins-add-players-forum-itjc https://shop.kongcompany.com/blogs/news/coin-master-free-spins-coins-daily-links-for-2024-kwzz microsoft xbox gift card htmk undefined undefined undefined 1k free spins coin master fgzm monopoly go free dice rolls legit no scamming noxx undefined stumble guys free gems generat4336446 publisher bsyn free monopoly go dice oysm https://shop.kongcompany.com/blogs/news/todays-coin-master-free-spins-coins-links-mcgn gift card paypal ppac